Tag-tag Dasar HTML

 

 

Tag dasar berarti elemen dasar. Dokumen HTML secara mendasar akan terdiri atas teks informasi.

Judul atau topik utama dokumen disimpan dalam section/elemen head, disimpan dalam elemen title, dengan tag <title>  …  </title>.

Title ini akan ditampilkan pada bagian caption dari Window browser web. Hanya elemen title saja dari elemen head yang ditampilkan di browser, elemen lainnya dari head tidak ditampilkan, sebagai elemen yang menjelaskan tentang dokumen HTML yang bersangkutan.

Teks informasi ini akan disimpan dalam section/elemen body – di dalam tag  <body>  dan  </body>.  Teks disusun dalam paragraf-paragraf – tag  <p>.  Teks juga mempunyai judul=judul yang menunjukkan topik-topik atau bagian-bagian dalam dokumen – judul disebut sebagai heading. Heading di dalam HTML mempunyai level 1 sampai dengan 6, dinyatakan dengan tag <h1> s.d <h6>, demikian juga pasangannya </h1> s.d </h6>.

HTML

Merupakan tag dasar yang mendefinisikan bahwa dokumen ini adalah dokumen HTML. Tag ini merupaka satu keharusan bagi pemrogram web untuk menuliskannya sebagai tag pertama dalam dokumen HTML.

<html> di awal dokumen dan </html>, dan </head> di akhir section head.

Head

Merupakan tag berikutnya setelah <html> untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan ditampilkan.

<html di awal setelah <html>, dan </head> di akhir section head.

Title

Merupakan tag di dalam head yang harus dituliskan untuk memberikan judul/informasi pada caption browser web tentang topik atau judul dari dokumen web yang ditampilkan dala browser.

<title> Judul dokumen</title>

Body

Merupakan section utama dalam dokumen web. Pada section ini semua isi dokumen yang akan ditampilkan di dalam browser harus dituliskan.

<body> di awal , segera setelah tag </head>

</body> di akhir , diletakkan sebelum tag </html>