Pengenalan HTML

Apa Itu Dokumen HTML?

HTML kependekan dari Hyper T ext Markup Language. Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan editor teks sembarangan. Dokumen ini dikenal  sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam browser web surfer.  Dokumen ini umumnya berisi informasi atau interface apilkasi di dalam internet.

Ada dua cara untuk membuat sebuah web page : dengan HTML editor atau dengan editor teks biasa (misalnya notepad). Untuk latihan atau mencoba materi oada tulisan ini sebaiknya menggunakan notepad, setelah itu pada bagian mendekati akhir dapat menggunakan editor HTML, hal ini dimaksudkan agar anda memahami dan terbiasa secara primitif membuat dokumen web.

Pilih suatu nama, sembarang nama,kemudian tambahkan sebuah ekstensi “.htm” atau “.html” (tAnda petik gAnda tidak perlu dituliskan karena digunakan sebagai penjelas saja).

Catatan:

Ekstensi dokumen HTML yang menggunakan 3 karakter, awalnya adalah untuk mengakomodasi sistem penamaan yang ada dalam sistem operasi DOS. Nama dokumen pada beberapa sistem operasi bersifat case sensitive. Nama dokumen yang sama tetapi dituliskan dengan case yang berbeda akan dianggap sebagai dokumen yang berbeda, misalnya dokumen. Html akan berbeda dengan DOKUMEN.html. Kasu casde sensitive akan dijumpai pada dokumen web yang dihosting di dalam server yang berbasis *nix (keluarga sistem operasi Unix).

Dokumen HTML disusun oleh elemen-elemen. “Elemen” merupakan istilah bagi komponen-komponen dasar pembentuk dokumen HTML. Beberapa contoh elemen adalah : head, body, table, paragraf, dan list. Elemen dapat berupa teks murni, atau bukan teks, atau keduanya.

Untuk menandai berbagai elemen dalam suatu dokumen HTML, kita menggunakan tag. Tag html terdiri atas sebuah kurung sudut kiri (<,tAnda lebih kecil), sebuah nama tag, dan sebuah kurung sudut kanan (>, tAnda lebih besar). Tag umumnya berpasangan (misalnya <H1> dengan </H1>), tag yang menjadi pasangan selalu diawali dengan karakter garing (/, garis miring). Tag yang pertama menunjukkan tag awal yang berarti awal elemen, dan yang kedua menunjukkan tag akhir, berarti akhir elemen.

Nama elemen ditunjukkan dengan nama tagnya. Suatu elemen di dalam dokumen HTML harus ditAndai dengan penulisan tagnya yang berpasangan. Ada beberapa elemen yang tidak mengharuskan tagnya dituliskan secara berpasangan, elemen tersebut di antaranya adalah :

  • Paragraf dengan tag <p>
  • Ganti baris – line break dengan tag <br>
  • Garis datar – horizontal rule dengan tag <hr>
  • List item dengan tag <li>

Secara umum suatu elemen dalam dokumen HTML yang dinyatakan dengan tagnya, di tuliskan :

<namatag>  …  </namatag>

Daftar tag secara lengkap dapat dilihat pada bagian lampiran.

Catatan :

Untuk tag-tag  yang tidak mengharuskan pasangannya (tag akhirnya) dituliskan sebaiknya dituliska juga oleh pemrogram web, untuk mendisipilnks. Dampak ke depan adalah untuk mengantisipasi stAndar rekomendasi HTML generasi mendatang. Sehingga pada saat kita misalnya menyusun paragraf dengan tag <p> selalu diakhiri dengan </p>.

Penulisan penamaan tag bebas, dapat menggunakan huruf besar, huruf kecil, ataupun campuran (tidak case sensitive).  Tetapi untuk antisipasi pada stAndar penulisan tag, direkomendasikan untuk menuliskan tag dengan menggunakan huruf kecil semjuanya.

Tag mark up ini digunakan sebenarnya memberi tahu browser web bagaimana memperlakukan atau menampilkan (memformat) halaman dokumen tersebut dalam browser.