Membuat Paragraf HTML (Lanjutan Tag Dasar HTML)

Informasi yang disajikan dalam dokumen harus mengikuti kaidah-kaidah dalam penulisan. Misalnya satu pikiran utama disimpan dalam satu paragraf.

Setiap paragraf harus dimulai dengan memberikan tag <p>. Di akhir paragraf tidak diharuskan menuliskan </P> sebagai akhir paragraf, karena tag <p> tidak didefinisikan mempunyai  tag  akhir. Setiap pergantian paragraf harus dimulai dengan <p> kembali.

Contoh coba-minimum.html menunjukkan dokumen HTML sederhana yang hanya mempunyai sebuah informasi dalam sebuah paragraf.  Tetapi, yang lebih penting dari ini adalah ketentuan minimum dari suatu dokumen HTML, yaitu harus terdiri atas tag <html>, <head>, dan <body> ; dengan <title> di dalam section head.

Catatan :

Pada beberapa browser, walaupun tidak menggunakan pola minimum yang mengharuskan adanya tag <html>, kemudian section <head>, dan <body>; browser tersebut masih bisa menampilkan dokumen html.

<! –coba_paragraf.htm–>

<html>

<head>

<title>Contoh penggunaan tag paragraf</title>

</head>

<body>

<p> Ini adalah paragraf.</P>

<p> Ini adalah paragraf.</P>

<p> Ini adalah paragraf </p>

<p> Elemen paragraf ditandai dengan menggunakan tag p, dan bisa diakhiri dengan tag pasangannya </p>.

</html>

Pada elemen paragraf, sebaiknya selalu disertakan </p> untuk menandakan penutup paragraf, sebelum memulai paragraf baru.

Pada browser diperlihatkan setiap paragraf anak ditampilkan dengan loncat satu baris. Jika sudah teks yang akan ditampilkan melebihi lebar Widow, maka secara otomatis teks yang tidak  cukup akan ditampilkan paada baris berikutnya.

<!-coba_paragraf2.html à

<html>

<head>

<title>Contoh tidak menggunakan tag paragraf </title>

</head>

<body>

Ini teks  oertama dari paragraf.

Yang ini baris kedua.

Ini baris ketiganya.

Dan yang ini baris keempat, tapi panjang, supaya bisa dilihat apakah bisa pindah sendiri??????

</body>

</html>

Contoh ini memperlihatkan suatu dokumen web yang tidak menggunakan tag paragraf sama sekali.  Teks akan ditampilkan berbeda, seolah-olah tidak ada ganti garis, walaupun kita telah pisah-pisah menuliskannya dalam notepad.

Yang menjadi catatan di sini adalah jika ingin mendefinisikan paragraf baru, maka kta harus menuliskan secara eksplisit tag <p>- nya. Tidak ada pengaruh kita menuliskan <enter> berapa kali pun di dalam notepad, karena semuanya akan dianggap sebagai satu paragraf dengan sebelumnya.

Ukuran window akan menyebabkan hasil yang berbeda-beda. Browser web akan melakukan pemformatan tampilan sesuai dengan ukuran windownya.